Perjalanan Menuju ke Kampus Fiksi Roadshow Jakarta, 06 November 2016

Halo Readers, kali ini gue mau cerita tentang acara seminar kepenulisan yang diadakan Kampus Fiksi di Gramedia Matraman Jakarta Timur. Tapi sebelum itu gue boleh curhat kan perihal keberangkatan gue yang sendirian ini dari Sukabumi?. Iya…ho’oh..gue ini kan dari Sukabumi, lumayan jauh lah ke Jakarta. Awalnya gue mau nginep dulu tuh di kosan temen gue yang kerja di Jakarta, tapi dipikir-pikir buat menuju ke sana lumayan ribet, gue akhirnya dapat solusi lain, yaitu gue ke Bogor dulu, kenapa musti ke Bogor?, pertama karena temen sekomunitas gue di #JamaahThypobia si Kak Dini Meditra ngampus di Bogor dan ngekos di sana (gue bisa nginep di sana), kedua gue jadi punya temen barengan buat nyasar nyari Gramedia Matraman, ketiga dari Bogor ke Jakarta tinggal naik KRL yang mudahnya minta ampun, maklum aja Sukabumi cuma ada angkot, bus, kereta api, sama ojek doang.  Guys di postingan ini gue cuma bakal nyeritain perjuangan perjalanan gue menuju ke Gramedia Matraman, untuk kegiatan seminarnya lebih lengkapnya ada di postingan selanjutnya, atau klik di sini

Tanggal 05 November 2016 pukul 15.00 WIB gue ke stasiun Sukabumi, kereta gue ke Bogor pukul 16.20 WIB, gue musti nukerin tiket gue yang gue beli lewat tokopedia.com di stasiun paling lambat sejam sebelum keberangkatan, catat ya kawan-kawan, yang beli tiket lewat online sebaiknya memang menukarkan sejam sebelum keberangkatan, soalnya yang nyetak boarding pass bukan Cuma yang beli tiket lewat online, yang beli tiket manual juga musti cetak boarding pass, walhasil harus ngantri, antrian semakin panjang mendekati menit datangnya kereta api, makannya jangan suka mepet waktu ya.

Sekitar pukul 15.30 WIB, sudah datang, gue memilih buat nunggu antrian agak lengang, akhirnya masuk kereta pukul 16.00 WIB, di gerbong satu tempat duduk depan gue masih kosong, dan terisi di Stasiun Cisaat. Gue awalnya mau baca buku, ternyata gue capek dan malah tidur. Btw, gue sempet heran gitu, ini gue salah masuk gerbong kagak ya?, soalnya gerbong ekonomi bagus banget keadaannya dan ada AC nya, ya gue pikir sama kayak bus aja giru, ekonomi tu non-AC, dan eksekutif tu ber-AC. Dua jempol deh buat PT.KAI, semoga semakin baik lagi deh. Aamin

Kereta api berangkat sesuai jadwal, pukul 16.20 WIB

Tanggal 05 November 2016 pukul 18.23 WIB, gue sampai Bogor, berhubung gue sama kak Dini belum pernah ketemu, gue udah wanti-wanti Kak Dini kalau gue pakai gamis hitam plus kerudung hitam, dia juga bilang dia pakai jilbab abu-abu. Gue agak deg-degan, maklum gue baru pertama kali keluyuran ke kota orang sendirian begini. Dan ternyata sinyal di sana, masyaallah banget, jelek minta ampun, hilang muncul gitu, tapi untung masih bisa menghubungi telepon lewat WA. Gue nyari-nyari tuh cewek yang pakai jilbab abu-abu, kok kagak ada. Kata Kak Dini, dia ada di dekat loket yang antriannya panjang. Gue mulai curiga, di stasiun Bogor-Kereta Api Indonesia ini ada sih loket, tapi antriannya dikit kok, clingak-clinguk nyariin kak din, dan ternyata dia nungguin guenya di stasiun Bogor-KRL. Hhhhhh

Yha mana bisa ketemu kalau mencari di tempat berbeda, persis seperti dua orang yang saling cinta tapi nggak mau usaha #halahh

Gue akhirnya keluar ke gerbang, ngikutin orang jalan aja, padahal dalam hati, was-was nyasar. Gue sama Kak Din masih terhubung telepon di WA, Ternyata Stasiun PT.KAI sama Stasiun KRL enggak terlalu jauh jaraknya. Kita akhirnya ketemu di jembatan penyebrangan, duh akhirnya ketemu sama Kak Dini. Gue sama dia ketawa nggak habis-habis, konyol banget. Dia bilang, dia baru ngerti, ternyata kalau bukan KRL, berhentinya bukan di stasiun KRL. —.—

Ke Kosannya Kak Dini ini perlu naik angkot dua kali, baru nyampek. Gue sebenarnya kaget banget sama keadaan Bogor yang ramai, maklum Sukabumi ya begitu. Sempet mikir sebenarnya, bisa aja gue di hari H ambil tiket subuh sampai Bogor jam 7 dan  selanjutnya naik KRL bareng Kak Dini, tapi berhubung takut telat dan nyasar, daripada gitu, mending gue nginep dulu dah di kosannya Kak Dini.

Tanggal 06 November 2016 pukul 06.00 WIB, kita udah berangkat menuju stasiun KRL Bogor, sampai sana pukul  06.30 WIB. Kita beli tiket di loket dan bilang ke petugasnya, tujuan kita ke Cikini, harga tiket Bogor-Cikini Rp 16.000. Yap ini juga bakal jadi pengalaman pertama gue naik KRL, KRL ini nyaman sekali, meski lebih goyang ketika jalan dibandingkan Kereta Api Indonesia. Gue duduk di gerbong khusus Wanita. Sampai Cikini pukul 08.00 WIB.

Berhubung itu hari minggu, stasiun lengang banget, antrian di loket penukaran jaminan juga lowong, kita akhirnya menukarkan tiket tadi dengan uang jaminan (apa ya gue belum paham), tapi yang jelas tiket itu bisa ditukarkan dengan uang. Kita dapat uang Rp 10.000, jadi artinya Bogor-Cikini Cuma Rp 6000, canggih nggak tuh?, hahahaha.

Keluar dari Stasiun, kita dengan percaya diri melangkah #eaaa. Kita nyari kopaja nomor 502. Awalnya kita mau naik bajaj, tapi bajaj Rp 20.000/1 orang

Yoweslah ngehemat aja naik kopaja 502, untung dapat kopaja yang kosong dan sopir serta kondekturnya yang bukan tukang tipu, dari stasiun Cikini ke Gramedia Matraman, Rp 4000. Kata Kak Dini, dulu dia pernah kena tipu naik bemo mahal banget. Ya pokoknya sih kalau di kota orang, apalagi Kota Metropolitan, kudu hati-hati.

Turun dari kopaja, Kak Dini ditabrak sama anak-anak kecil yang naik sepeda, gue kaget banget, untung nggak kenapa-napa, dan itu anak yang nabrak malah ngetawain, cukup tau aja anak-anak Jakarta begitu kelakuannya, eitss meski bukan semuanya ya.

Dan kita sampai Gramedia Matraman pukul 08.20 WIB, belum buka coy. Kepagian sampai sana.hhhhh, acaranya pukul 10.00 WIB. Ahelah, nggak papa yang penting selamat deh sampai sana.

Gitu aja ceritanya, postingan selanjutnya bakal nyeritain tentang acara Kampus Fiksi Roadshow Jakarta.  🙂

Iklan

3 comments on “Perjalanan Menuju ke Kampus Fiksi Roadshow Jakarta, 06 November 2016

  1. Pantesan ya… Tmn saya bilang kalo KAI udah berbenah. Pas waktu itu nyaranin naik KA udah gk masalah pke ekonomi soalnya emang udah nyaman skrng….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s